Minggu, 03 Oktober 2021

RPP HUKUM PASCAL KELAS X SMA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP II HUKUM PASCAL) Sekolah : SMAN 04 PalangkaRaya Mata Pelajaran : Fisika Kelas : XI Semester : II (Genap) Materi Pokok : Hukum Pascal Alokasi Waktu : 4 X 45 Menit I. KOMPETENSI INTI K1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya K2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. K3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. K4 : Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yangs ama dalam sudut pandang/teori. II. KOMPETENSI DASAR 1.1 : Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya 2.1 : Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi 3.12 : Memahami konsep hukum pascal, menganalisi contoh pemanfaatan hukum pascal, menerapkan pengaplikasian persamaan hukum pascal, mampu mengetahui hubungan tekanan , gaya dan luas penampang pada percobaan. 4.12 : Menyajikan hasil percobaan tentang penerapan hukum pascal pada pimpa hidrolik. III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 1. Siswa mampu menunn jukan rasa syukur kepada Tuhan yang maha Esa atas keteraturan pemomena terjadinya hukum Paskal. 2. Siswa mampu menunjukkan rasa ingin tahu melalui pembelajaran dengan ikut aktif baik secara individu maupun kelompok 3. Siswa mampu menunjukan sikap jujur dalam berdiskusi atau memecahkan masalah. 4. Siswa mampu menunjukkan tanggung jawab melalui diskusi yang ditampilkan 5. Siswa mampu menjelaskan konsep hukum pascal. 6. Siswa mampu menganalis contoh pemanfaatan penerapan hukum pascal dalam kehidupan sehari hari. 7. Siswa mampu menyelesaikan soal dengan menggunakan persamaan hukum pascal 8. Siswa mampu menjelaskan hubungan tekanan , gaya dan luas penampang. 9. Siswa mampu menggunakan alat dan bahan percobaan penerapan hukum pascal 10. Siswa mampu mengumpulkan data atau informasi yang di dapat melalui percobaan hukum pascal. 11. Siswa mampu menemukan mengetahui hubungan tekanan, gaya dan luas penampang pada pompa hidrolik pada percobaan penerapan hukum pascal. 12. Siswa mampu Menjelaskan hubungan tekanan, gaya dan luas penampang pada sistem kerja pada pompa hidrolik melalui percobaan. A. Materi pembelajaran Hukum Pascal B. MetodePembelajaran - Model : Student Facilitator and Eksplaining - Metode : eksperimen, diskusi, dan tanya jawab C. Langkah-langkah Pembelajaran Fase Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Alokasi Waktu Pendahuluan • Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam. • Guru menanyakan kehadiran siswa. • Guru menyiapkan situasi kelas sebelum memulai pembelajaran • Siswa menjawab salam guru. • Siswa menyatakan kehadirannya ketika di absen. • Siswa menyiapkan diri untuk memulai pelajaran. 10 menit Inti Fase I: Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai • Guru memberikan apersefsi dengan menanyakan “apakah kalian pernah melihat seseorang membuat hewan dari balon ? Apakah ketika meniup balon tersebut, udara akan menyebar dan menekan bagian bawah balon? • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran • Siswa mendengarkan dan menyimak serta menjawab pertanyaan yang disampaikan. • Siswa mendengarkan tujuan pembelajaran yang disampaikan guru 70 menit Fase II: Guru menyajikan materi • Guru menjelaskan tentang hokum Pascal secara garis besar. • Guru membagi siswa dalam kelompok yang terdiri dari 5-6 orang • Guru menyuruh kelompok siswa untuk berdiskusi dan membuat peta konsep tentang hukum Pascal dan penerapannya • Siswa mendengarkan penjelaskan guru • Siswa bergabung dengan kelompoknya setelah dibagi guru • Siswa berdiskusi dengan kelompoknya dan membuat peta konsep hukum Pascal dan penerapannya Fase III: Siswa menyajikan materi • Guru meminta ketua kelompok untuk menjadi fasilator dan mempersilakan siswa lain untuk bertanya kepada fasilator • Guru membagikan LKS serta menjelaskan maksud LKS dan menanyakan hal-hal yang kurang dipahami tentang LKS Tersebut • Guru mempersilahkan siswa mengambil alat dan bahan yang diperlukan serta meminta siswa untuk mengerjakan LKS dan menginformasikan alokasi waktu yang diperlukan untuk mengerjakan LKS • Guru membimbing siswa dalam kelompok dan menyuruh siswa menampilkan hasil diskusi • Ketua kelompok maju menjadi fasilator dan siswa lain bertanya kepada fasilator • Siswa menerima LKS dan mendengarkan penjelasan guru maksud LKS dan bertanya jika masih ada yang kurang dipahami • Siswa mengambil alat dan bahan serta mengerjakan LKS dan mendengarkan informasi waktu dari guru • Siswa berdiskusi denga kelompoknya dan perwakilan kelompok untuk maju menampilkan hasil diskusi Fase IV: Menyimpulkan penjelasan yang sudah ditampilkan • Guru menyimpulkan sajian materi yang menjadi fasilator dan hasil diskusi siswa yang telah dilakukan • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang telah tampil menjadi fasilator dan kelompok yang bagus dalam melaksanakan kerja sama kelompok • Siswa mendengarkan kesimpulan hasil diskusi yang disampaikan guru • Siswa menerima penghargaan Fase V: Guru menerangkan semua materi • Guru menjelaskan semua materi dengan sangat rinci pada saat itu dan mempersilakan siswa untuk bertanya jika masih belum paham • Guru memberikan soal evaluasi kepada siswa • Siswa mendengarkan semua materi yang dijelaskan saat itu dan bertanya jika belum paham • Siswa menerima soal evaluasi Penutup • Guru dan siswa menyimpulkan hasil belajar • Guru menutup pelajaran dengan mengucap salam • Siswa dan guru menyimpulkan hasil belajar • Siswa menjawab salam guru 10 menit D. Sumber Belajar Buku Siswa Kelas XI Semester I Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, buku referensi yang relevan, LKS, alat dan bahan praktikum. E. PenilaianHasilBelajar Aspek Bentuk Instrumen Aktivitas Lembar Pengamatan Aktivitas Sikap Lembar Pengamatan Sikap. Pengelolaan pembelajar Lembar Pengelolaan Kelas. Pengetahuan Tes Uraian. Contoh Instrumen : Terlampir Palangka Raya, Oktober 2018 Mahasiswa Penelitian Selvia Anggraini R NIM. 1301130316   Evaluasi 1. Bagaimana bunyi dari hukum Pascal ? 2. Berikan contoh penerapan hukum paskal dalam kehidupan sehari- hari! 3. Sebuah dongkrak hidrolik mempunyai pengisap kecil yang berdiameter 42 cm. apabila pengisap kecil ditekan dengan gaya 200 N, Berapakah Tekanan yang dihasilkan pada pengisap tersebut? 4. Bejana berhubungan digunakan untuk mengangkat balok. Balok 2000 kg diletakan diatas penampang sebesar 4000 cm2. Berapakah gaya yang harus diberikan pada bejana kecil 20 cm2 agar balok tersebut terangkat ? Jawaban 1. Hukum Pascal dirumuskansebagaiberikut: “Tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup diteruskan sama besar kesegala arah”. 2. Penerapan hukum Pascal dalam kehidupan sehari-hari diantaranya:Dongkrak hidrolik, Mesin hidrolik pengangkat mobil, rem hidrolok. 3. Diketahui : A : 42 cm2 F : 200 N Dit : P Penyelesaiannya Supaya gaya yang diberikan sama maka: 4. Diketaahui F Ditnya F1 ? RUBRIK PENILAIAN EVALUASI No Soal jawaban skor Skor maXI 1 Bagaimana bunyi dari hukum Pascal ? Hukum Pascal dirumuskansebagaiberikut: “Tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup diteruskan sama besar kesegala arah”. 20 20 Hukum Pascal dirumuskansebagaiberikut: “Tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup dan diteruskan 15 Hukum Pascal dirumuskansebagaiberikut: “Tekanan yang diberikan pada zat cair 10 Tidak menjawab soal 0 2 Berikan contoh penerapan hukum paskal dalam kehidupan sehari- hari! Penerapan hukum Pascal dalam kehidupan sehari-hari diantaranya: - Dongkrak hidrolik - Mesin hidrolik pengangkat mobil - Rem hidrolik 20 Penerapan hukum Pascal dalam kehidupan sehari-hari diantaranya: - Dongkrak hidrolik - Mesin hidrolik pengangkat mobil 15 20 . Penerapan hukum Pascal dalam kehidupan sehari-hari diantaranya: - Dongkrak hidrolik 10 Tidak menjawab soal 0 3 Sebuah dongkrak hidrolik mempunyai pengisap kecil yang berdiameter 42 cm. apabila pengisap kecil ditekan dengan gaya 200 N, Berapakah Tekanan yang dihasilkan pada pengisap tersebut? Diketahui A : 42 cm2 F : 200 N Dit : P Penyelesaiannya Supaya gaya yang diberikan sama maka: 20 20 Diketahui A : 42 cm2 F : 200 N Dit : P Penyelesaiannya Supaya gaya yang diberikan sama maka: 15 Diketahui A : 42 cm2 F : 200 N Dit : P Penyelesaiannya Supaya gaya yang diberikan sama maka: 5 Tidak menjawab soal 0 4 Bejana berhubungan digunakan untuk mengangkat balok. Balok 2000 kg diletakan diatas penampang sebesar 4000 cm2. Berapakah gaya yang harus diberikan pada bejana kecil 20 cm2 agar balok tersebut terangkat ? Diketahui : F Ditnya F1 ? 40 40 Diketahui F Ditnya F1 ? 20 Diketahui : F Ditnya F1 ? 10 Tidak menjawab soal 0 Skor Total 100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar