Minggu, 15 Mei 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Gelombang Cahaya



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         : MAN Model Palangka Raya
Mata Pelajaran               : FISIKA
Kelas/Semester               : IIX MIPA 2/Gasal
Materi pokok                 : Gelombang Cahaya
Alokasi Waktu               : 20 menit (1 Pertemuan)
A.      Kompetensi Inti:
KI 1
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan fak tual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.       Kompetensi Dasar:
1.1    Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2    Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan perubahan medan listrik dan medan magnet yang saling berkaitan sehingga memungkinkan manusia mengembangkan teknologi untuk mempermudah kehidupan
1.3    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
1.4    Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan
1.5    Menyelidiki karakteristik gelombang mekanik melalui percobaan
C.      Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.      Menjelskn gelombang cahaya
2.      Menjelaskan disfersi interperensi dan difraksi sebagai sifat gelombang cahaya
3.      Mengaplikasikan dan Menjelaskan contoh disfersi interperensi dan difraksi sebagai sifat gelombang cahaya dalam keseharian
4.      Mengaplikasikan dan Menjelaskan disfersi interperensi dan difraksi sebagai sifat gelombang cahaya dalam keseharian
D.      Tujuan Pembelajaran :
1.      Peserta didik mampu menjelaskan gelombang cahaya dengan benar dan tepat
2.      Peserta didik mampu menjelaskan perbedaan disfersi dan interperensi dengan tepat melalui gambar pada pawer point
3.       Melalui percobaan LKPD peserta didik dapat memahami difraksi sebagai sifat gelombang cahaya
4.      Peserta didik mampu menjelaskan  minimal dua konsep  sifat gelombang cahaya dengan benar dan tepat
E.       Materi Pelajaran:
1)        Materi Konsep
v  dispersi
dispersi adalah peristiwa penguraian cahaya putih (polikromatik) menjadi komponen-komponen warna karena pembiasan. Komponen- komponen warna yang terbentuk yaitu merah kuning  hijau jingga biru nila ungu.  Dispersi terjadi karena adanya perbedaan deviasi untuk setiap panjang gelombang. Disebabkan juga oleh perbedaan kelajuan masing-masing pada saat melewati medium pembias. Adapun pembentukan bayangan yang dapat diamati sebagai contoh peristiwa dispersi cahaya yaitu pada sebuah prisma yang dikenai cahaya putih(polikromatik) yang dapat dilihat pada gambar berikut.
v  Interferensi
Interferensi adalah perpaduan dua gelombang atau lebih membentuk satu gelombang baru. Interferensi terjadi jika memenuhi dua syarat yaitu :
1.    Kedua gelombang harus koheren yaitu bahwa kedua gelombang cahaya harus memiliki beda pase yang selalu tetap dan oleh sebab itu keduanya juga harus memiliki frekuensi yang sama pula.
2.    Kedua gelombang harus memiliki amplitudo yang hampir sama juga.
v  Difraksi
Difraksi adalah peristiwa pembelokan gelombang baik cahaya maupun gelombang bunyi oleh celah sempit dimana celah tersebut memiliki lebar dengan orde yang sama dengan panjang gelombang yang melewatinya. Difraksi pada gelombang cahaya terbagi menjadi dua, yakni sebagai berikut :
1.        Difraksi melalui celah tunggal yang sempit
Bila cahaya monokromatik (satu warna) dijatuhkan pada celah sempit, maka cahaya akan dibelokkan atau dilenturkan.
2.        Sedangkan bila cahaya dijatuhkan polikromatik (cahaya putih atau banyak warna), selain akan mengalami peristiwa difraksi, juga akan terjadi peristiwa interferensi. Hasil interferensi menghasilkan pola warna pelangi.
Berkas cahaya jatuh pada celah tunggal, akan dibelokkan dengan sudut belok θ. Pada layar akan terlihat pola gelap dan terang. Pola gelap dan terang akan terjadi bila mengalami peristiwa interferensi.
,
Dengan adanya kerakteristik gelombang tersebut, disebutkan juga dalam Al-Quran §÷K¤±9$#ur $yg8ptéÏur ÇÊÈ  
1. Demi matahari dan cahayanya di pagi hari,
Hal demikian memperlihatkan bahwa sangat penting bagi umat manusia yang berakal untuk mengetahui dan mencari informasi mengenai cahaya, bagaimana karakteristinya dan bgimana hal demikian terjadi.
F.       Media, Alat ,Metode, Model  dan Sumber Belajar
v  Media
o  Media Tayang Power Point dan Gambar/Foto/video tentang alat optic
v  LCD
Eskperimen, Pengamatan, Ceramah,Diskusi ,Tanya jawab dan Penugasan
v  Sumber Belajar
o  Pujianto, dkk. 2013. Fisika untuk SMA/MA Kelas  IIX, Klaten: Intan Pariwara.
o  Tri Widodo, FISIKA SMA, Pusat Perbukuan Depdiknas
o  Nursyamsudin, Panduan Praktikum Terpilih, Erlangga
v  Discovery Learning (pembelajaran penemuan)
G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
Tahapan
Kegiatan Guru
Kegiatan siswa
waktu
Pendahuluan
Fase 1:
Apersepsi dan motivasi










1.      Guru memulai pelajaran dengan mengucapkan salam dan do’a

2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik


3.      Guru menyiapkan situasi kelas sebelum memulai pembelajaran. Memotivasi peserta didik dengan mendemonstrasikan pelajaran menggunakan alat peraga yaitu  dengan menembakkan sebuah senter pada permukaan prisma dan peserta didik diminta mengamati apa yang terjadi.  
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
1.      Peserta didik  memulai pelajaran dengan menjawab salam da berdo’a
2.      Peserta didik  mngkonfirmasi kehadiranya, kepada guru.
3.      peserta didik  siap mengikuti pelajaran yang akan dipelajari.








4.      peserta didik mrndengarkan dan menyimak tujuan pembelajaran yang disampaikan
5 menit
Kegiatan inti
Fase1:
Stimulation (simullasi/Pemberian rangsangan)

Mengamati
1.      Guru memberikan bagaimana peristiwa dispersi, interperensi dan difraksi melalui power point dan gambar
2.      Guru menyampaikan materi dan peserta didik aktif melalui power point dan gambar

1.      Peserta didik  memperhatikan dengan tenang dan menyimak yang diberikan oleh guru.
2.      Peserta didik memperhatikan dengan aktif yang disampaikan oleh guru didepan kelas.
10 menit
Fase 2
Problem
statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)

Menanya
1.      Guru menanyakan kepada peserta didik yang belum paham

2.      Guru membagi peserta didik kedalam beberapa kelompok u,ntuk ,melakukan percobaan


1.      Siswa diharapkan aktif bertanya apa yang belum dimengerti dengan penuh perhatian
2.      Peserta didik memisahkan diri bergabung dengan kelompoknya masing-masing.
Fase 3:
Data collection (pengumpulan data)

Eksperimen/Eksplorasi
1.    Guru menyiapkan pe,ralatan atau perangkat pembelajaran (Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), alat dan bahan )yang akan digunakan dalam percobaan
2.    Guru meminta kepada tiap-tiap kelompok untuk mengerjakan soal yang ada di LKPD

1.      Peserta didik memperhatikan  alat yang digunakan dan menulisnya pada LKPD yang diberikan


2.    Peserta didik menjawab soal dengan diskusi kelompok masing-masing dengan baik dan teliti.
Fase 4 :
Data prpcesing (pengolahan data)
Mengasosiasi
1.    Melalui percobaan, Masing-masing kelompok diminta untuk mengamati dan menjelaskan yang dimaksud dengan dispersi, interferensi dan difraksi dengan benar

1.    Peserta didik  mengamati dan menjelaskan apa yang dimaksud dengan dispersi, interferensi dan difraksi dengan benar
Fase 5 :
Verification (pembuktian)

1.      guru meminta peserta didik mendiskusikan hasil pengolahan data dengan anggota kelompok atau antar kelompok.Kemudi-
an  memperifikasi hasil pengolahan  data-data tersebut dengan buku paket atau  buku-buku sumber yang relevan.
1.    Peserta didik  Berdiskusi dengan anggota kelompoknya masing-maing hasil pengolahan data yang didapatkan dalam percobaan.
Fase 6 :
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
,
Mengkomunikasikan
1.      Guru meminta  tiap-tiap kelompok mempresentasi-
kan hasil diskusi kelompok didepan kelas.
2.      Guru menyimak hasil presentasi setiap kelompok.


3.      Guru mempersilahkan perwakilan kelompok untuk duduk kembali.
4.      Guru  mengecek pengua-saan peserta didik terhadap materi pelajaran, peserta didik diminta menyelesaikan  Uji Kompetensi  yang telah-disediakan  secara individu.
5.        Guru meminta pekerjaan peserta didik   yang selesai  langsung dikumpul dan diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan soal dengan benar diberi paraf,  untuk penilaian portofolio.
1.    Salah satu perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
2.    Peserta didik  yang lain menyimak perwakilan kelompoknya mempresentasikan hasil temuannya.
3.    Perwakilan kelompok kembali kepada anggota kelompoknya masing-masing.
4.         Peserta didik dengan tenang menyelesaikan uji kompetensi secara individu.




5.             Peserta didik dengan hati-hati dan tenang , tidak tergesa-gesa mengumpulkan hasil pekerjaannya, dan kembali ketenpat duduknya masing-masing.
Penutup
1.      Guru memberikan kesimpulan tentang materi pembelajaran

2.      Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan  dengan materi difraksi interferensi dan disperse dari pencapaian tujuan pembelajaran  dan guru menyampaikan topic pembelajaran yang akan datang.
3.        Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam penutup.
1.    Peserta didik  mendengarkan dan menyimak kesimpulan yang disampaikan
2.    Peserta didik mencatat tugas yang diberikan oleh guru






3.    Peserta didik memperhatikan dan mengingat yang disampaikan oleh guru
Dan menjawab salam

5
Menit

H.      Penilaian
1.      Teknik Penilaian      : Afektif dan Kognitif
2.      Bentuk Instrumen    : Pengmatan dan tes uraian
Instrumen Penilaian Autentik            Hasil Belajar
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1
Sikap
Ø  Terlibat aktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan
Ø  Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
Ø  Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2
Pengetahuan
Ø  Menjelaskan kembali tentang karakteristik gelombang (pemantulan, pembiasan, difraksi, polarisasi
Pengamatan dan tes
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3
Keterampilan
Ø  Terampil menjelaskan hasil  praktikumkan yang dilakukan
Pengamatan
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
Palangkaraya, 05 Maret 2016
Mahasiswa PM 1                                            Dosen Pendamping PM, 1


Selvia Anggraini R                                         Wiwik Agustianingsih, M.Pd
1.        Penilaian Sikap
Asfek yang dinilai
Skor
Keterangan
1
2
3
4

Menunjukkan rasa ingin tahu





Ketelitian dan kehati-hatian





Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun kelompok





Berkomunikasi






PEDOMAN PENSKORAN PENGAMATAN OBSERVASI
DAN KINERJA PRESENTASI
No
Aspek Yang Dinilai
Rubrik
1
Menunjukkan rasa ingin tahu
1.    Tidak menunjukkan antusias
2.    Menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlihat aktif, dalam kegiatan kelompok ketika disuruh Menunjukkan rasa ingin tahu, antusias, dan baru terlihat aktif, dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
3.    Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, tetapi kurang aktif, dalam kegiatan kelompok
4.    Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, tetapi kurang aktif, dalam kegiatan kelompok
2
Ketelitian dan kehati-hatian
1. Mengamati hasil percobaan kurang sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaain
2. Mengamati hasil percobaan kurang sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaain
3. Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
4. Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun kelompok
1. Tidak berupaya sungguh dalam menyelesaikan
2. Berupaya tepat waktu dan belum menunjukkan upaya terbaiknya
3. Berupaya tepat waktu dan sedikit belum menunjukkan upaya terbaiknya.
4. Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
4
Berkomunikasi
1. tidak aktif dalam bertanya, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat orang lain
2.  Aktif dalam bertanya, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat orang lain
3. Aktif dalam bertanya, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat orang lain
4. Aktif dalam bertanya, dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat orang lain

2.    Penilaian kognitif (Pengetahuan)
b.   Tes uraian
Kompetensi Dasar
1.1  menyajikan hasil pembelajaran mengenai gelombang cahaya  dengan cara yang benar dan tepat
1.2  Menganalisis phenomena dari sifat- sifat gelombang cahaya  dan penerapannya dalam teknologi
4.5 Menyajikan ide/gagasan terkait sifat- sifat gelombang  cahaya
Tujuan pembelajaran :
1.      Peserta didik mampu menjelaskan gelombang cahaya dengan benar dan tepat
2.      Peserta didik mampu menjelaskan perbedaan disfersi dan interperensi dengan tepat melalui gambar pada pawer point
3.       Melalui percobaan LKPD peserta didik dapat memahami difraksi sebagai sifat gelombang cahaya
4.      Peserta didik mampu menjelaskan  minimal dua konsep  sifat gelombang cahaya dengan benar dan tepat


,Topik : karakteristik gelombang
1.      Jelaskan yang dimaksud dengan dispersi dan interferensi !
2.      Bagaimana peristiwa dispersei dan interferensi dapat terjadi ? jelaskan
3.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan difraksi !
4.      Bagaimana peristiwa difraksi dapat terjadi ? jelaskan


,
SOAL TESKREATIVITAS PADA DIMENSI
BERPIKIR KREATIF
No Soal
Jawaban
1
Jelaskan yang dimaksud dengan dispersi dan interferensi !
dispersi adalah peristiwa penguraian cahaya putih (polikromatik) menjadi komponen-komponen warna karena pembiasan. Interferensi adalah perpaduan dua gelombang atau lebih membentuk satu gelombang baru.
2
Bagaimana peristiwa dispersi dan interferensi dapat terjadi ? jelakan
Dispersi terjadi karena adanya perbedaan deviasi untuk setiap panjang gelombang. Disebabkan juga oleh perbedaan kelajuan masing-masing pada saat melewati medium pembias. Interferensi terjadi jika memenuhi dua syarat yaitu :
1.          Kedua gelombang harus koheren yaitu bahwa kedua gelombang cahaya harus memiliki beda pase yang selalu tetap dan oleh sebab itu keduanya juga harus memiliki frekuensi yang sama pula.
2.          Kedua gelombang harus memiliki amplitudo yang hampir sama juga.
3
Jelaskan apa yang dimaksud dengan difraksi !
Difraksi adalah peristiwa pembelokan gelombang baik cahaya maupun gelombang bunyi oleh celah sempit dimana celah tersebut memiliki lebar dengan orde yang sama dengan panjang gelombang yang melewatinya.
4
Bagaimana peristiwa difraksi dapat terjadi ? jelaskan
Difraksi pada gelombang cahaya terbagi menjadi dua, yakni sebagai berikut : Difraksi melalui celah tunggal yang sempit
Bila cahaya monokromatik (satu warna) dijatuhkan pada celah sempit, maka cahaya akan dibelokkan atau dilenturkan. Sedangkan bila cahaya dijatuhkan polikromatik (cahaya putih atau banyak warna), selain akan mengalami peristiwa difraksi, juga akan terjadi peristiwa interferensi.

SOAL UJI COBA TES KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

No
Aspek yang diukur
Skor
Respon siswa pada masalah
Alasan soal mampu mengukur indicator
Respon yang diharapkan dari jawaban siswa
1
Jelaskan yang dimaksud dengan disperse dan interferensi !
Keaslian (originality)
0
Tidak memberikan jawaban
Soal dapat dikerjakan dengan cara yang benar, teliti dan sesuai
Siswa dapat menjawab soal dengan cara bahasa sendiri atau sesuai dengan hapalan
3
Memberikan jawaban yang salah
6
Memberikan jawaban kurang tepat  dengan tepat
10
Memberikan jawan dengan tepat dan lengkap
2













Jelaskan apa yang dimaksud dengan difraksi !
Keaslian (originality)
0
Tidak memberikan  jawaban
Soal memiliki jawaban yang membutuhkan ketepatan dan kelancaran untuk menjawab yaitu peserta didik harus menjawab dengan tepat dan benar, apabila tidak mungkin siswa juga harus memberikan alasan yang tepat
Peserta didik dapat menjawab yang diminta dengan tepat dan benar dan memberikan alasan yang sesuai.
Peserta didik dapat menjawab yang diminta dengan tepat dan benar dan memberikan alasan yang sesuai.

15
Memberikan jawaban dengan tepat tetapi hanya pada poin pemantulan
20
Memberikan jawaban dengan tepat tetapi pada poin pematulan tetapi pada poin pembiasan kurang benar jawabannya
30
Memberikan jawaban dengan tepat dan lengkap untuk kedua poin pemantulan dan pembiasan
3
Jelaskan apa yang dimaksud dengan difraksi !
Keaslian (originality)
0
Tidak memberikan jawaban
Soal dapat dikerjakan cara yang benar, teliti dan sesuai
Peserta didik dapat menjawab soal dengan cara bahasa sendiri atau sesuai dengan hapalan
3
Memberikan jawaban yang salah
12
Memberikan jawaban kurang tepat  dengan tepat
30
Memberikan jawan dengan tepat dan lengkap
4
Bagaimana peristiwa difraksi dapat terjadi ? jelaskan

Keaslian (originality
0
Tidak memberikan jawaban
Soal dapat dikerjakan cara yang benar, teliti dan sesuai
Peserta didik dapat menjawab soal dengan cara bahasa sendiri atau sesuai dengan hapalan
3
Memberikan jawaban yang salah
12
Memberikan jawaban kurang tepat  dengan tepat
30
Memberikan jawan dengan tepat dan lengkap













Lembar Kerja Peserta Didik
Praktikum
 
Nama Anggota                   : 
A.   Topik : Difraksi
B.  Tujuan  : mengamati percobaan difraksi pada celah tunggal
C.   alat dan bahan :
1.      sumber cahaya (laser/ lampu sorot)
2.      celah tunggal(kisi) yang terbuat dari kertas yang si seter ± 25 cm
3.       penggaris dal layar
D. langkah kerja :
1.      Pasang alat dan bahan seperti gambar
2.      Sinari celah dengan laser
3.      Tangkaplah bayangannya dengan layar
4.      Ukurlah jarak yang sesuai dengan orde yang ditinjau
5.      Ukurlah jarak x
.


E. table pengamatan
x ( celah ke layar)
Orde
Garis gelap terang










F. Diskusi
1.      Bila dilakukan dengan lampu sorot, hitung banyak garis gelap terang yang terjadi
2.      Apa yang dapat kelian simpulkan dari percobaan tersebut ?
G. kesimpulan :
PEDOMAN PENSKORAN LEMBAR KERJA PRAKTIK
NO
Aspek Yang di Ukur
Nilai
1
2
3
4
1
Menyiapkan alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan.




2
Meranglakai alat dan bahan percobaan




3
Pengambilan data




RUBRIK PEDOMAM PENSKORAN PISIKOMOTORIK PRAKTIKUM
NO
Aspek yang di nilai
Skor
1
Kelengkapan Alat dan bahan   lengkap
3
Kelengkapan alat dan bahan kurang satu
2
Kelengkapan alat dan bahan kurang tidak ada
1

2
Melaksanakan kegiatan percobaan dengan baik dan benar sesuai prosedur
3
Melaksanakan kegiatan percobaan dengan baik dan kurang tepat karena tidak sesuai dengan prosedur
2
Melaksanakan kegiatan percobaan dengan tidak baik dan tidak benar  karena tidak sesuai prosedur
1
3
Pengambilan data dilakukan dengan teratur, tepat dan benar
3
Pengambilan data dilakukan dengan teratur, tepat tetapi  kurang benar akhirnya
2
Pengambilan data dilakukan dengan teratur, tetapi salah dalaam pengukuran hasil percobaan
1
3.  Tinggi
2.  Cukup tinggi
1.  Kurang                   Penilaian  =  x 100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar