Rabu, 15 Juni 2016

PEMBIASAN CAHAYA PADA LENSA Kelas X SMA Semester II (RPP) SELVIA ANGGRAINI R



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)
PEMBIASAN CAHAYA PADA LENSA
Kelas X SMA Semester II

                                                           

DOSEN PEMBIMBING:
WIWIK AGUSTINANINGSIH M.Pd

DI SUSUN OLEH :
SELVIA ANGGRAINI R
(1301130316)


INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PALANGKA RAYA
JURUSAN  PENDIDIKAN MIPA  DAN ILMU KEGURUAN
PRODI  TADRIS FISIKA
TAHUN 2016
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Materi Pokok
Sub Materi
Alokasi Waktu
: SMA/MA
: IPA FISIKA
: X/II
: Alat-alat Optik
: Pembiasan Cahaya Pada Lensa
: 1 s/d 15 Menit
A.       Kompetensi Inti
KI.
KI.





KI.







KI.
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari  solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar
1.1              Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2              Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan dan perubahan (seperti medan listrik dan medan magnit) yang saling berkaitan sehingga memungkinkan manusia mengembangkan teknologi untuk mempermudah kehidupan.
2.1       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi.
2.2       Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.9       Menganalisis cara kerja alat optik menggunakan sifat pencerminan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa.
4.9       Menyajikan ide/rancangan sebuah alat optik dengan menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada cermin dan lensa.

C.       Indikator Pencapaian Kompetensi
1.                  Siswa mampu menunjukkan rasa syukur terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa bahwa adanya Pembiasan Cahaya Pada Lensa dalam kehidupan sehari-hari.
2.                  Siswa mampu menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi dalam mengevaluasi pemikiran dirinya tentang Pembiasan Cahaya Pada Lensa.
3.                  Siswa mampu menunjukkan sikap jujur dalam melakukan percobaan dan melaporkan hasil percobaan yang berkaitan dengan Pembiasan Cahaya Pada Lensa.
4.                  Siswa mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam melakukan percobaan yang berkaitan Pembiasan Cahaya Pada Lensa.
5.                  Siswa mampu menunjukkan sikap saling menghargai dalam melaksanakan percobaan yang berkaitan dengan Pembiasan Cahaya Pada Lensa.
6.                  Siswa mampu menyebutkan definisi dari Lensa.
7.                  Siswa mampu menerapkan persamaan Pembiasan Cahaya Pada Lensa dalam penyelesaian soal.
8.                  Siswa mampu merancang alat dan bahan yang berkaitan dengan percobaan untuk menyelesaikan masalah percobaan Pembiasan Cahaya Pada Lensa.
9.                  Siswa mampu mengidentifikasi permasalahan yang terdapat pada LKS Pembiasan Cahaya Pada Lensa.
10.              Siswa mampu menarik kesimpulan data hasil pengamatan mengenai percobaan Pembiasan Cahaya Pada Lensa.

D.       Materi Ajar
Lensa merupakan benda bening yang  dapat membiaskan semua cahaya yang masuk melaluinya. terdapat dua jenis lensa yang meliputi lensa cembung ( lensa positif) dan lensa cekung ( lensa negatif).
Bagian-bagian lensa cembung (lensa positif) :
 images22.png
Keterangan:
·      O : titik pusat lensa
·      F1: titik fokus permukaan lensa cembung 1
·      F2: titik fokus permukaan lensa cembung 2
Letak bayangan benda akibat proses refraksi pada lensa. Perhitungan letak bayangan pada lensa dan cermin akan mengikuti, di mana : 1/S1 + 1/S2 = 1/f
Keterangan:
S1 adalah jarak objek/benda dari lensa/cermin
S2 adalah jarak bayangan benda dari lensa/cermin
f adalah jarak fokus = R/2.
Rumus perhitungan untuk perbesaran bayangan, M :
M = – S2/S1 = f/f-S1
di mana tanda negatif menyatakan objek yang terbalik (objek yang berdiri tegak memakai tanda positif). Hukum Snellius juga disebut Hukum pembiasan atau Hukum sinus dikemukakan oleh Willebrord Snellius pada tahun 1621 sebagai rasio yang terjadi akibat prinsip Fermat.
1.    Lensa Cembung atau positif 
Bentuk lensa cembung yaitu bagian tengahnya tebal dari pada tepinya. Lensa cembung terdapat 3 jenis yaitu :
·      Lensa cembung ganda (bikonveks) yaitu lensa degan kedua permukaannya berbetuk cembung.
·      Lensa cembung datar (plankonveks) yaitu lensa degan permukaannya satu berbentuk cembung dan yang satunya berbentuk datar.
·      Lensa cembung cekung  (konkaf konveks) yaitu lensa dengan bentuk permukaan satu cembung dan yang satunya berbentuk cekung.
bentuk lensa cembung.png
Gambar. 1.1 Sifat dari lesa cembung yaitu mengumpulkan cahaya sinar (konvergen).

2.    Tiga sinar istimewa pada lensa cembung
1.      Sinar datang sejajar sumbu utama akan dibiaskan melalui titik fokus (F1) di belakang lensa.
2.      Sinar datang menuju titik fokus di depan lensa (F2) akan dibiaskan sejajar sumbu utama.
3.      Sinar yang datang melewati pusat optik lensa (O) diteruskan, tidak dibiaskan.
sinar-sinar-istimewa-pada-lensa-cembung.png
Lensa cembung dapat menghasilkan banyak jenis bayangan, baik yang nyata maupun maya, tegak, terbalik, diperbesar atau diperkecil. Jenis bayangan yang dibentuk bergantung pada posisi benda dan panjang fokus lensa. Berikut adalah pembentukan bayangan pada lensa cembung untuk berbagai posisi benda.










E.       Strategi  Pembelajaran
Pendekatan        : Scientific Learning
Model                : Discovery Learning              
Metode              : Eksperimen, Diskusi, dan Presentasi

F.        Media dan Sumber Pembelajaran
Media :  
Ø  Papan Tulis
Ø  Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø  Lembar penilaian
Ø  LCD
Sumber Belajar :
Ø  Fisika : Untuk SMA/MA Kelas X (Sri Handayani).

G.      Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Langkah- langkah Model Discovery Learning
Kegiatan Guru
Deskripsi kegiatan
Alokasi Waktu





Guru mengucapkan salam pembuka kepada siswa.
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Siswa Membalas salam dari guru.
Wa’alaikum salam Wr. Wb
 menit
Guru menyiapkan situasi kelas dengan menanya-kan “Hadir semuanya hari ini anak-anak ?”
Siswa memberitahukan ke-hadirannya atau temannya
Guru menyampaikan tuju-an pembelajaran.
Siswa mendengarkan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti
Langkah- langkah Model Discovery Learning
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
Fase 1: Stimulation (Memberi Stimulus)
Guru memotivasi siswa dengan menyajikan ma-salah.
“sebelum kita memasuki materi yang dipelajari, ibu minta satu siswa maju ke depan:
“Ibu meminta salah satu siswa untuk mengamati sebuah tulisan pada selembar kertas menggunakan gelas aqua yang telah berisikan air dan meminta perhatian dari siswa lainnya.
Siswa mengamati demonstrasi yang diberikan oleh guru.




 menit
Fase 2 Problem Statement (Mengidentifikasi Masalah)
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan/meng-identifikasi masalah yang terdapat pada fenomena yang diamati.
Siswa diharuskan untuk menemukan permasalahan yang terdapat pada materi Pembiasan Cahaya pada Lensa. Contoh permasalahn:
Ø Mengapa tulisan tersebut mengalami pemembesaran ?
Ø Mengapa bayangan tersebut dapat terbentuk ?

Fase 3 Data Collecting (Mengumpulkan data).
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 2-3 orang
Siswa membentuk kelompok sesuai dengan intruksi yang diberikan oleh guru

Guru meminta masing-masing kelompok mengumpulkan berbagai literatur dan referensi yang mendukung pemecahan masalah yang mereka temukan berdasarkan hasil demonstrasi.
Masing-masing kelompok mengumpulkan berbagai literatur dan referensi yang mendukung pemecahan masalah yang mereka temukan berdasarkan hasil demonstrasi.
Guru membagi LKS pada tiap kelompok
Masing-masing kelompok mendapatkan LKS yang dibagikan oleh guru
Guru meminta masing-masing kelompok mengkaji LKS Pembiasan Cahaya pada Lensa”
Masing-masing kelompok mengkaji LKS Pembiasan Cahaya pada Lensa”
Guru meminta siswa melakukan praktikum sesuai petunjuk LKS
Masing-masing kelompok melakukan praktikum sesuai petunjuk LKS dan mencatat hasil percobaan

Guru meminta masing-masing kelompok mencatat hasil pengamatan yang mereka lakukan.
Masing-masing kelompok mencatat hasil pengamatan yang mereka lakukan
Fase 4 Data Processing (Mengolah Data)
Guru meminta siswa untuk berdiskusi dan mengolah data hasil percobaan dengan bantuan per-tanyaan-pertanyaan yang terdapat pada LKS
Masing-masing kelompok berdiskusi mengolah data berdasarkan data pengamatan dan konsep yang terkait pada buku maupun sumber-sumber lain yang relevan

Fase 5 Verification (Memferifikasi)
Guru mengarahkan peserta didik untuk menganalisis kebenaran dan keabsahan antara informasi dari literatur dan referensi dengan hasil percobaan yang dipeoleh.
Masing-masing kelompok berdiskusi mengenai informasi dari berbagai sumber data yang didapatkan.


Guru meminta masing-masing perwakilan dari anggota kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi yang dilakukan
Tiap-tiap perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi yang dilakukan.
Fase 6 Generalization (Menyimpulkan)
Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan hasil diskusi yang dilakukan
Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusi yang dilakukan.

Kegiatan Penutup
Langkah- langkah Model DL
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu

Guru membuat kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan.

Siswa membuat kesimpulan mengenai poin-poin penting yang telah dipelajari dengan bimbingan guru dan mencatatnya.



 menit
Guru memberikan tugas evaluasi berkaitan dengan konsep yang telah dipelajari.
Siswa menjawab soal evaluasi yang diberikan guru.
Guru menginformasikan kepada siswa materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Siswa mendengarkan guru menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Guru mengucapkan salam penutup.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb
Siswa membalas salam yang diberikan guru.
Wa’alaikum Salam Wr.Wb
H.       Penilaian
1.    Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan dari sikap, pengetahuan dan keterampilan. Penilaian sikap dilakukan melalui kerja kelompok, kinerja presentasi, jawaban latihan soal kelompok dan jawaban pemecaha masalah. Penilaian pengetahuan dilakukan melalui tes tertulis soal uraian Pembiasan Cahaya pada Lensa. Sedangkan penilaian keterampilan dilakukan melalui percobaan yang berkaitan dengan Pembiasan Cahaya pada Lensa.

2.    Aspek dan Instrumen penilaian
·      Instrumen kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas peran serta, kualitas visual presentasi, dan isi presentasi.
·      Instrumen tes menggunakan tes tertulis uraian.
·      Instrumen keterampilan melakukan percobaan yang berkaitan dengan Pembiasan Cahaya pada Lensa.

3.    Metode dan Bentuk instrumen
Metode
Bentuk Instrumen
Sikap
Lembar Pengamatan Sikap Ilmiah dan Rubrik
Tes Tertulis
Tes Uraian dan Rubrik penilaian
Tes Keterampialan
Tes Penilaian Praktikum

4.    Contoh Instrumen (Terlampir)
Dosen Pembimbing



WIWIK AGUSTINANINGSIH M.Pd
          


Mahasiswi



Ema Karlina
NIM. 1301130312
Palangkaraya,  Mei 2016

                         

























Lampiran 1.1
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
A.    Lembar pengamatan sikap

Indikator Sikap Ilmiah
Skor
Skor Total
A

B
Skor
C
Skor
D
Skor
E
(Rasa syukur terhadap kebesaran Tuhan YME)
Skor
(Rasa ingin tahu)
(Jujur)
(Bertanggung Jawab)

(Menghargai)
a
b
c
a
b
c
a
b
c
a
b
c
a
b
c
1





















2





















3





















4





















5





















6





















Text Box: Lampiran 1.1


B.     Rubrik
Rubrik Penilaian Sikap
Dimensi
Indikator
Keterangan
Sikap rasa syukur
a)      Bersyukur
a)      siswa menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan YME
b)      Taat
b)      Siswa taat kepada Tuhan YME
c)      Terima Kasih
c)      Siswa menunjukkan rasa terima Kasih kepada Tuhan YME dengan mengucapkan hamdalah
Sikap rasa ingin tahu
a)         Aktif bertanya
a)         Siswa mengajukan pertanyaan saat diminta guru maupun tidak
b)         Aktif menjawab pertanyaan
b)        Siswa menjawab pertanyaan dari teman yang bertanya atau menjawab pertanyaan dari guru
c)         Aktif mencari jawaban
c)      Siswa mencari jawaban atas pertanyaan yang ada di LKS dari sumber buku atau berdiskusi dengan teman sekelompoknya
Sikap jujur
a)      Tidak menjawab asal-asalan
a)      Siswa tidak menjawab asal-asalan saat menjawab soal-soal diskusi
b)      Menjawab sesuai dengan hasil jawaban kelompoknya
b)      Siswa menuliskan hasil jawaban sesuai dengan hasil diskusi kelompoknya dengan benar
c)      Tidak mencontek hasil jawaban kelompok lain
c)      Siswa tidak meniru hasil jawaban kelompok lain
Sikap Bertanggung Jawab
a)      Berusaha mengerjakan tugas dengan baik
a)      Siswa tidak pernah lupa untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, meskipun merasa pekerjaannya masih belum baik
b)     Tidak melakukan kegiatan lain selain yang berhubungan dengan pelajaran
b)      Siswa tidak bernain-main atau siswa tidak ikut berpartisipasi dalam kegiaan kelompok
c)      Memiliki keinginan untuk dapat menyelesaikan tugas
c)       Siswa tidak pernah menyerah untuk mencoba menyelesaikan tugas, dengan tidak ragu jawab benar atau salah
Sikap saling menghargai
a)      Berusaha saling menghargai dengan baik
a)         Siswa tidak pernah memiliki sikap yang tidak menghargai antar sesama teman
b)      Menerima pendapat positif dari teman lain
b)         Siswa bersikap untuk tidak pernah menerima pendapat positif dari teman
c)      Menerima pekerjaan dari teman lain
c)         Siswa tidak pernah menolak bantuan dari teman lain
















Lampiran 1.2
Soal dan Rubrik Penilaian
A.      Soal dan Jawaban
1.      Sebutkan definisi dari Lensa !
2.      Panjang fokus sebuah lensa cembung (lensa konvergen) 15 cm. Benda yang tingginya 5 cm terletak di sebelah kiri lensa tersebut. Tentukan jarak bayangan, perbesaran bayangan, dan sifat bayangan jika jarak benda dari lensa cembung adalah 5 cm ?
Jawaban:
1.      Definisi dari Lensa ialah benda bening yang  dapat membiaskan semua cahaya yang masuk melaluinya. terdapat dua jenis lensa yag meliputi lensa cembung ( lensa positif dan lensa cekung ( lensa negatif ).
2.      Diketahui :
Panjang focus (f) = 15 cm
Panjang focus lensa cembung bertanda positif karena titik fokus lensa cembung dilalui berkas cahaya atau bersifat nyata.
Jarak benda (s) = 5 cm
Ditanya :
Jarak bayangan, perbesaran bayangan, dan sifat bayangan ?
Jawab :
·      Gambar pembentukan bayangan benda oleh lensa cembung :
Contoh-soal-lensa-cembung-1.png
·      Jarak bayangan (s’) :
1/s’ = 1/f – 1/s
    = 1/15 – 1/5
    = 1/15 – 3/15
  = -2/15
s’  = -15/2
        = -7,5 cm
Jarak bayangan bertanda negative artinya bayangan bersifat maya atau bayangan tidak dilewati berkas cahaya. Jarak bayangan 7,5 cm lebih besar daripada jarak benda 5 cm.
·      Perbesaran bayangan (M) :
M = -s’/s
    = -(-7,5)/5
    = 7,5/5
    = 1,5 kali
Perbesaran bayangan bertanda positif artinya bayangan tegak atau tidak terbalik. Ukuran bayangan  1,5 kali besar daripada ukuran benda.
·      Sifat bayangan :
1.         Maya atau berkas cahaya tidak melewati bayangan
2.         Tegak atau tidak terbalik
3.         Diperbesar atau ukuran bayangan lebih kecil daripada ukuran benda
4.         Jarak bayangan lebih besar daripada jarak benda














Rubrik Penilaian Latihan Soal Uraian Pembiasan Cahaya pada Lensa
No soal
Kriteria Jawaban
Rincian Kriteria Jawaban
Skor
Skor terti-nggi
Skor total
1
Menyebutkan dengan tepat dan jelas :
Menyebutkan dengan tepat dan jelas : Definisi dari Lensa ialah benda bening yang  dapat membiaskan semua cahaya yang masuk melaluinya. terdapat dua jenis lensa yag meliputi lensa cembung ( lensa positif ) dan lensa cekung ( lensa negatif ).
25
25
25
Menyebutkan tetapi kurang sempurna : Definisi dari Lensa ialah benda bening yang  dapat membiaskan semua cahaya yang masuk melaluinya.
20
Memberikan jawaban tetapi salah atau tidak berkenaan dengan materi
5
Tidak menuliskan jawaban
0
2
Menulis yang di ketahui dari soal
Diketahui :
Panjang focus (f) = 15 cm
Panjang focus lensa cembung bertanda positif karena titik fokus lensa cembung dilalui berkas cahaya atau bersifat nyata.
Jarak benda (s) = 5 cm
5
5
50
Menulis diketahui tidak lengkap
3
Tidak menulis sama sekali
0
Menulis yang di tanyakan dari soal
Ditanya :
Jarak bayangan, perbesaran bayangan, dan sifat bayangan ?
5
5

Tidak menulis sama sekali
0
Menulis persamaan
·      Jarak bayangan (s’) :
1/s’ = 1/f – 1/s
·      Perbesaran bayangan (M) :
M = -s’/s
10
10


Tidak menulis sama sekali
0
Menghitung dengan benar
Menghitung Panjang fokus sebuah lensa cembung (lensa konvergen) 15 cm. Benda yang tingginya 5 cm terletak di sebelah kiri lensa dengan tepat dan benar.
30
30
Menghitung Panjang fokus sebuah lensa cembung (lensa konvergen) 15 cm dengan tepat dan benar
15
Tidak menghitung dengan benar
3
Tidak menjawab sama sekali
0
























Lampiran 1.3
Up Ribbon: LEMBAR KERJA SISWA 
Pembiasan Cahaya pada Lensa
 



Nama Kelompok      : ………………………
Anggota kelompok  :  1. ………………….…
                                    2. …………………..…
                                    3. …………………..…
A.    Horizontal Scroll: Seorang anak kecil berumur 8 tahun bernama Anwar sedang memegang sebuah benda yang tak lain adalah sebuah laser. Anwar mengarahkan sinar laser tersebut pada sebuah lensa cembung. Kemudian Anwar mencoba mengarahkan sinar laser tersebut pada sebuah lensa yang menghasilkan pembiasan dan membandingkannya dengan sinar laser yang ia arahkan pada sebuah kaca dan  yang terjadi bukanlah pembiasan melainkan pemantulan. Ia bertanya-tanya mengapa hal tersebut dapat terjadi ?











Permasalahan







B.     Rancagan Ekperimen                      
Petunjuk : Cermati permasalahan !
1.      Alat dan Bahan
·      Laser
·      lensa
2.      Pertanyaan diskusi
1)      Deskripsikanlah mengenai percobaanmu! Bagaimana cara memecahkan permasalahan tersebut?
2)   Apa yang menyebabkan terjadinya pembiasan cahaya pada sebuah lensa ?
3)   Apa yang menyebabkan tiadanya pembiasan pada sebuah cahaya laser yang di arahkan pada kaca ?
4.      Kesimpulan
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………






















Lembar Pengamatan Keterampilan dan Rubrik
Aspek yang diamati
Terlaksana
Penilaian
Skot total
Ya
Tidak
4
3
2
1

Mendisain alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah Pembiasan Cahaya pada Lensa







Membuat langkah percobaan berdasarkan alat dan bahan yang sudah disediakan sesuai dengan rancangan penyelesaian masalah Pembiasan Cahaya pada Lensa







Mengerjakan pertanyaan LKS yang telah diberikan dengan berdiskusi bersama kelompok







Menarik kesimpulan  data hasil percobaan  mengenai Pembiasan Cahaya pada Lensa

















          Rubrik Penilaian Keterampilan
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Mendisain alat dan bahan percobaan untuk mem-ecahkan masalah Pembiasan Cahaya pada Lensa
4: Mendisain alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah dengan benar, rapi, dan cara mereka sendiri
3: Mendisain alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah dengan benar dan cara mereka sendiri tetapi tidak rapi
2: Mendisain alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah dengan benar dan rapi, tetapi tidak cara mereka sendiri
1: Tidak Mendisain alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah
2
Membuat langkah per-cobaan berdasarkan alat dan bahan yang sudah disediakan sesuai dengan rancangan penyelesaian masalah Pembiasan Cahaya pada Lensa
4 : Membuat langkah percobaan berdasarkan alat dan bahan yang sudah disediakan sesuai dengan rancangan penyelesaian masalah, bahasa mudah dipahami.
3 : Membuat langkah percobaan berdasarkan alat dan bahan yang sudah disediakan sesuai dengan rancangan penyelesaian masalah, tetapi bahasa tidak mudah dipahami.
2 : Membuat langkah percobaan berdasarkan alat dan bahan yang sudah disediakan tetapi tidak sesuai dengan rancangan penyelesaian masalah dan bahasa mudah dipahami.
1: Tidak Membuat langkah percobaan berdasar-kan alat dan bahan yang sudah disediakan dengan rancangan penyelesaian masalah.
3
Mengerjakan pertanyaan LKS yang telah diberikan dengan berdiskusi bersama kelompok
4: Siswa berdiskusi dengan teman sekelompok-nya dan menjawab semua pertanyaan
3: Siswa berdiskusi dengan teman sekelompok-nya dan hanya menjawab sebagian pertanyaan saja
2: Siswa berdiskusi dengan bukan teman se-kelompoknya dan menjawab semua per-tanyaan
1: Siswa berdiskusi dengan bukan teman se-kelompoknya dan hanya menjawab sebagian pertanyaan saja
4
Mempresentasikan hasil pengamatan dan diskusi kelompok
4: Siswa mampu mempresentasikan hasil pen-gamatan dan hasil diskusi kelompok dengan benar, bahasa mudah dimengerti dan percaya diri
3: Siswa mampu mempresentasikan hasil pen-gamatan dan hasil diskusi kelompok dengan benar, bahasa mudah dimengerti, tetapi disampaikan kurang  percaya diri
2: Siswa mampu mempresentasikan hasil pen-gamatan dan hasil diskusi kelompok dengan benar, tetapi bahasa sulit dimengerti dan disampaikan kurang  percaya diri
1: Siswa tidak dapat mempresentasikan hasil pengamatan dan hasil diskusi kelompok dengan baik, bahasa sulit dimengerti, dan tidak percaya diri








Tidak ada komentar:

Posting Komentar