RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMAN/MA
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas / Semester : XII/ III
Materi Pokok : Azas Doppler
Alokasi Waktu : 1×15 Menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
KI
2. Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
KI
4. Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar
1.1
Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2
Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida,
kalor dan optik
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti;
cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif
dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.7 Menerapkan konsep
Azas Doppler dalam teknologi.
4.7 Memodifikasi ide
atau gagasan proyek sederhana yang menerapkan konsep Azas Doppler.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Siswa mampu menunjukkan rasa syukur
kepada kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui
konsep Azas Doppler dalam kehidupan sehari-hari
2.
Siswa mampu menunjukkan sikap rasa ingin
tahu yang tinggi dalam mengumpulkan dan menganalisisinformasi untuk memecahkan
masalah yang berkaitan dengan konsep Azas Doppler.
3.
Siswa mampu menunjukkan sikap ketelitian
dan kehati-hatian dalam mengidentifikasi informasi untuk memecahkan masalah
berkaitan dengan konsep Azas Doppler
4.
Siswa mampu menunjukkan sikap jujur dalam belajar
dan bekerja
baik secara individu maupun berkelompok
selama pelaksanaan praktikum dan diskusi yang berkaitan dengan konsep Azas
Doppler
5.
Siswa mampu berkomunikasi dengan baik
antar anggota kelompok selama pelaksanaan praktikum dan diskusi yang berkaitan
konsep Azas Doppler
6.
Siswa mampu memahami ayat Al quran yang
berhubungan dengan konsep Azas Doppler
7.
Siswa mampu menjelaskan konsep Azas Doppler secara
umum.
8.
Siswa mampu menggunakan persamaan
matematis untuk menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan konsep Azas
Doppler
9.
Siswa mampu merancang alat dan bahan
percobaan untuk memecahkan permasalahan penerapan konsep Azas Doppler
10. Siswa
mampu mengonstruksi rancangan percobaan pada konsep Azas Doppler
11. Siswa
mampu membuat langkah percobaan berdasarkan alat dan bahan yang sudah disediakan
sesuai masalah yang telah diberikan pada LKS berkaitan dengan konsep Azas Doppler
12. Siswa
mampu mengisi Lembar Kerja Siswa sesuai dengan penyelesaian masalah yang telah
dilakukan.
D.
Materi
Ajar
Azas
Doppler
Azas Doppler adalah peristiwa perbedaan frekuensi
bunyi yang anda dengar
pengamat.
Efek
Doppler terjadi jika sumber bunyi bergerak relatif terhadap pengamat. Persamaan dari
Azas Doppler dapat di lihat sebagai berikut :
Dengan
:
fp =frekuensi bunyi yang diterima
pendengar (Hz)
fs
= frekuensi yang diterima sumber bunyi (Hz)
v =cepat rambat bunyi di udara (m/s)
vs = kecepatan sumber bunyi (m/s)
vp= kecepatan pendengar (m/s)
Azas Doppler memiliki beberapa
persyaratan, diantaranya :
Ø +
vp (apabila pendengar bergerak mendekati sumber bunyi)
Ø vp
(apabila pendengar bergerak menjauhi sumber bunyi)
Ø +
vs(apabila sumber bunyi bergerak menjauhi pendengar)
Ø vs
(apabila sumber bunyi bergerak mendekati pendengar)
Untuk
lebih di mengerti dapat dilihat pada gambar berikut :
Gambar pengamatan
azas Doppler
Contoh
Azas Doppler yaitu:
Ø Sebagai
radar untuk mengukur kecepatan sebuah kendaraan dijalan raya.
Al-qur’an surah Ar-Ruum ayat 46 yang berkaitan dengan Azas Doppler yang
berbunyi:
Artinya:
” Dan diantara tanda -tanda kekuasaanNya ialah
bahwa Dia mengirimkan angin sebagai pembawa berita gembira dan untuk merasakan
kepadamu sebagian dari rahmatNya dan supaya kapal dapat berlayar dengan
perintahNya dan supaya kamu dapat mencari karuniaNya, mudah-mudahan kamu
bersyukur.”(Ar- Ruum : 46)
Secara umum “angin” disini sebagai angin yang bertiup
membawa awan untuk menurunkan air hujan dan angin yang meniup kalpal layar agar
dapat berlayar dilautan. Kita merasakan kedekatan makna “angin” dalam ayat ini
adalah gelombang, bukan saja gelombang bunyi yang membawa berita tetapi juga
gelombang radio atau gelombang elektromagnet yang mampu dipancarkan kesegala
penjuru dunia bahkan seluruh jagad raya ini
E.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Langkah- langkah Model Inkuiri Terbimbing
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Alokasi Waktu
|
|
Ø Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam pembuka
Ø Guru
meminta salah satu siswa untuk memimpin doa.
Ø Guru
mengecek kehadiran siswa. Jika ada salah satu siswa yang tidak hadir, guru
menanyakan alasan penyebab siswa tersebut tidak bisa hadir kepada temannya.
Ø Guru
menyampaikan indicator pencapaian kompetensi pembelajaran.
|
Ø Siswa
menjawab salam pembuka dari guru.
Ø Salah
satu siswa memimpin doa.
Ø Siswa mengkonfirmasikehadirannya. Siswa
memberikanketerangan sebab teman mereka tidak hadir.
Ø Siswa
mendengarkan indikator pencapaian kompetensi pembelajaran
|
3 4 menit
|
Kegiatan
Inti
Langkah- langkah Model Inkuiri Terbimbing
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
Fase 1:
Penyajian
pertanyaan/permasalahan
|
Ø Guru
menyajikan masalah berkaitan dengan materi
yang akan diajarkan, yaitu “Apakah
kalian mendengar suara klakson motor atau mobil, Bagaimana
suara klakson motor atau mobil itu bila jaraknya dengan kalian semakin dekat
?Serta bagaimana jika suara klakson motor atau mobil itu bila jaraknya dengan
kalian semakin jauh ? “
|
Ø Siswa
mendengarkan permasalahan yang disampaikan guru.
|
12
menit
|
Fase
2:
Membuat
Hipotesis Kelompok
|
Ø Guru
meminta siswa untuk membuat hipotesis dari permasalahan yang diajukan oleh
guru tersebut.
|
Ø Masing-masing
siswa membuat hipotesisnya.
|
|
Fase 3:
Menguji Hipotesis Dan Mengumpulkan
Data Atau Informasi
|
Ø Guru
membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
Ø Guru
membagikan LKS kepada tiap kelompok.
Ø Guru
menyediakan alat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan percobaan dalam
menyelesaikan masalah pada LKS
Ø Guru
membimbing siswa dalam kelompok untuk
menguji hipotesis dan mengumpulkan data atau informasi.
|
Ø Siswa
memisahkan diri dan bergabung ke kelompoknya masing-masing.
Ø Siswa
menerima LKS.
Ø Siswa
mengambil alat dan bahan.
Ø Siswa
dibimbing oleh guru untuk menguji hipotesis dan mengumpulkan data.
|
|
Fase 4: Menganalisis data
|
Ø Guru
membimbing siswa untuk berdiskusi
menganalisis data percobaan.
|
Ø Siswa
dibimbing untuk berdiskusi menganalisis data percobaan
|
|
Fase
5:
Membuat
kesimpulan
|
Ø Guru
meminta perwakilan kelompok mempersentasikan hasil diskusi pada LKS.
Ø Guru
membimbing siswa dalam membuat kesimpulan hipotesis yang ada di LKS
|
Ø Siswa
mengirimkan perwakilannya untuk mempersentasikan hasil diskusi pada LKS.
Ø Siswa
dibimbing guru untuk membuat kesimpulan.
|
Kegiatan Penutup
Langkah- langkah Model Inkuiri Terbimbing
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
|
Ø Guru menyimpulkan materi yang
berhubungan dengan percobaan yang telah dilakukan.
Ø Guru memberikan soal evaluasi untuk mengecek pemahaman
Ø siswa
tentang Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam penutup.
|
Ø Siswa
mendengarkan simpulan materi dari guru.
Ø Siswa
mengerjakan soal-soal evaluasi konseep azas Doppler
Ø Siswa
menjawab salam penutup dari guru
|
5
menit
|
F. Media, Alat/Bahan dan SumberBelajar
1.
Media :
Papan tulis, spidol, dan LCD
2.
Alat/Bahan
No
|
Alat dan Bahan
|
Jumlah
|
1
|
Sumber suara
|
1 buah
|
2
|
pengamat
|
1
buah
|
3. Sumberbelajar
a.
BukuFisika XI kelas :Supiyanto.
Fisika Untuk SMA Kelas XI. Jakarta:
Phibeta. 2006.
b.
LembarKerjaSiswa (LKS)
G.
PenilaianHasil Belajar
Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
· Pengamatan Sikap
|
· Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
· Pengamatan Psikomotorik
|
· Lembar Pengamatan Psikomotorik dan Rubrik Penilaian
|
· Pengamatan Kognitif
|
· Tes Uraian dan Rubrik
|
Lampiran
-
Instrumen Penilaian Sikap (Afektif)
-
Instrumen Penilaian Perbuatan
(Psikomotorik)
-
Instrumen Penilaian Pengetahuan
(Kognitif)
-
LKS
|
Palangka
Raya, 10 Juni 2016
|
Dosen Pembimbing
SUHARTONO, M.Pd, M.SI
NIP.
19810303 200604 1 005
|
Mahasiswa Praktikan
SELVIA ANGGRAINI R
NIM.
1301130316
|
LAMPIRAN
H. Instrumen Penilaian Domain Sikap
(Afektif)
Lembar Pengamatan Sikap (Penskoran)
Lembar Penilaian sikap
No
|
Aspek yang
dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Rasa ingin tahu
(curiosity)
|
|
|
|
|
2
|
Ketelitian dan kehati-hatian dalam
melakukan percobaan
|
|
|
|
|
3
|
Sikap jujur dalam belajar
dan bekerja
baik secara individu maupun berkelompok
|
|
|
|
|
4
|
Keterampilan
berkomunikasi
pada saat
Belajar
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1.
|
Menunjukkan
rasa
ingin tahu
|
3: menunjukkan rasa
ingin tahu yang
besar,antusias,aktifdalamkegiatan kelompok
2:
menunjukkan
rasa ingin tahu,namun
tidakterlalu antusias,
dan baru terlibataktif
dalam kegiatan
kelompok
ketika disuruh
1: tidak
menunjukkan
antusias dalam pengamatan, sulit
terlibat aktif dalam
kegiatan
kelompok
walaupun telah didorong untuk terlibat.
|
2.
|
Ketelitian dan hati-hati
|
3. mengamati hasil
percobaan
sesuai prosedur,hati-hatidalam
melakukan
percobaan.
2. mengamati hasil
percobaan
sesuai prosedur,kuranghati
- hati dalam melakukan
percobaan.
1.
mengamati hasil
percobaan
sesuai prosedur,tidak hati- hati dalam melakukan
percobaan
|
3
|
Sikap
jujur dalambelajar
dan bekerja
baik secara individu maupun berkelompok
|
3. jujur dalam pengambilan
data percobaan, tidak membuat kerusuhan dengan kelompok lain dan tepat waktu
dalam menyelesaikan tugas.
2. jujur dalam pengambilan
data percobaan, tidak membuat kerusuhan dengan kelompok lain akan tetapi
tidak tepat waktu dalam menyelesaikan tugas
1. jujur dalam pengambilan data percobaan, akan tetapi mengganggu kelompok
lain dan tidak tepat waktu dalam menyelesaikan tugas.
|
4
|
Berkomunikasi
|
3. aktif dalamtanya
jawab,dapat mengemukaan gagasan
atau ide,menghargai
pendapat siswa lain
2. aktif dalam tanya
jawab,tidak ikut
mengemukaan
gagasan atau ide,menghargai pendapat
siswa lain
1.
aktif dalam tanya jawab, tidak
ikut mengemukan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa
lain
|
I.
Instrumen
Penilaian Keterampilan (Psikomotorik)
Lembar Penilaian keterampilan (Penskoran)
1.
Lembar Penilaian
Keterampilan
Aspek yang diamati
|
Terlaksana
|
Penilaian
|
Skor
total
|
|||
Ya
|
Tidak
|
3
|
2
|
1
|
|
|
Merancang alat dan bahan percobaan untuk
memecahkan masalah yang berkaitan dengan asas Bernoulli.
|
|
|
|
|
|
|
Mengonstruksi
rancangan percobaan pada permasalahan prinsip
fluida dinamik pada asas bernouli.
|
|
|
|
|
|
|
Membuat langkah percobaan berdasarkan alat dan
bahan yang sudah disediakan sesuai masalah yang telah diberikan pada LKS
berkaitan dengan asas Bernoulli.
|
|
|
|
|
|
|
Mengisi Lembar Kerja Siswa sesuai dengan
penyelesaian masalah yang telah dilakukan.
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
Penilaian Keterampilan
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Merancang alat dan bahan percobaan
untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan asas Bernoulli
|
3: Merancang alat dan
bahan percobaan untuk memecahkan masalah dengan benar, rapi dan tidak banyak membuang
waktu.
2:Merancang alat dan
bahan percobaan untuk memecahkan masalah dengan benar, rapi akan tetapi
banyak membuang waktu.
1: Merancang alat dan
bahan percobaan untuk memecahkan masalah dengan benar, kurang rapi dan banyak
membuang waktu.
|
2
|
Mengonstruksi rancangan percobaan pada
permasalahan prinsip fluida dinamik pada asas
bernouli.
|
3: Mengonstruksi alat
dan bahan sesuai prosedur percobaan, cepat dan rapi dalam merancang
percobaan.
2: Mengonstruksi alat dan bahan sesuai
prosedur percobaan, cepat akan tetapi kurang rapi dalam merancang percobaan.
1:Mengonstruksi alat dan bahan sesuai
prosedur percobaan, lambat dan kurang rapi dalam merancang percobaan.
|
3
|
Membuat langkah percobaan berdasarkan
alat dan bahan yang sudah disediakan sesuai denganmasalah yang telah
diberikan pada LKS berkaitan dengan asas Bernoulli.
|
3:Membuat langkah
percobaan sesuai pada Lembar Kerja Siswa secara teratur, rapi, dan tepat
waktu.
2:Membuat langkah percobaan sesuai pada
Lembar Kerja Siswa secara teratur, tepat waktu tetapi kurang rapi.
1:Membuat langkah percobaan sesuai pada
Lembar Kerja Siswa secara teratur, kurang rapi, dan tidak tepat waktu.
|
4
|
Mengisi Lembar Kerja Siswasesuai
dengan penyelesaian masalah yang telah dilakukan.
|
3: Mengisi Lembar Kerja Siswa saat melakukan
pengamatan sesuai dengan rancangan yang didapatkan untuk memecahkan
permasalahan dengan tepat, dan bahasa yang mudah dipahami.
2:Mengisi Lembar Kerja Siswa saat
melakukan pengamatan sesuai dengan rancangan yang didapatkan untuk memecahkan
permasalahan dengan tepat tetapi bahasa yang digunakan sulit dipahami.
1: Mengisi Lembar
Kerja Siswa saat melakukan pengamatan sesuai dengan rancangan yang didapatkan
untuk memecahkan permasalahan tetapi kurang tepat dan bahasa yang digunakan
sulit dipahami.
|
J. Instrumen Penilaian Pengetahuan
(Kognitif)
Soal Uraian
1. Apa
yang dimaksud dengan Azas Doppler?
2.
Sebutkan besaran yang dapat mempengaruhi
dalam Azas Doppler dengan benar!
3. Sebuah sumber bunyi dengan frekuensi 1024 Hz bergerak
mendekati pendengar dengan kecepatan 34 m/s. kecepatan rambat bunyi di udara
340 m/s. jika pendengar menjauhi sumber bunyi denag kecepatan 17 m/s, maka
berapa frekuensi bunyi yang diterima pendengar ?
4.
Sebutkan 1 contoh aplikasi Azas Doppler
dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat!
Jawab :
1. Azas
Doppler adalah peristiwa berubahnya
harga frekuensi bunyi yang diterima oleh pendengar dari frekuensi suatu sumber
bunyi apabila terjadi gerakan relative antar pendengar dan sumber bunyi.
2. Persamaan dari Azas Doppler dapat di lihat sebagai berikut :
Dengan :
fp =frekuensibunyi yang diterimapendengar (Hz)
fs = frekuensi yang diterimasumberbunyi (Hz)
v =cepatrambatbunyi di udara (m/s)
vs = kecepatansumberbunyi (m/s)
vp= kecepatanpendengar (m/s)
3.
Diketahui : v = 340 m/s
vp = 10 m/s
vs = 20 m/s
fs = 1000 Hz
ditanya : fp
= . . . ?
jawab :
fp =
fp = 990 Hz.
Rubrik Penilaian :
Butir Soal
|
Kriteria Jawaban
|
Rincian Kriteria Jawaban
|
Skor
|
Skor
Tertinggi Dari Kriteria
|
Skor Total Tiapsoal
|
1
|
Menjawab
soal
|
Menuliskan
jawaban dengan baik dan tepat. Dengan menuliskan: Azas
Doppler adalah peristiwa berubahnya
harga frekuensi bunyi yang diterima oleh pendengar dari frekuensi suatu
sumber bunyi apabila terjadi gerakan relative antar pendengar dan sumber
bunyi.
|
25
|
25
|
25
|
Azas Doppler adalah peristiwa berubahnya harga frekuensi bunyi yang diterima oleh pendengar
dari frekuensi suatu sumber bunyi apabila terjadi gerakan relative
|
20
|
||||
Azas Doppler adalah peristiwa berubahnya harga frekuensi bunyi yang diterima oleh pendengar
dari frekuensi suatu sumber bunyi
|
10
|
||||
Tidak memberikan jawaban
|
0
|
||||
2
|
Menuliskan
diketahui darisoal
|
Persamaan
dari Azas Doppler dapat di lihat sebagai berikut :
Dengan :
fp=frekuensibunyi
yang diterima pendengar (Hz)
fs=frekuensi yang diterimasumberbunyi (Hz)
v =cepatrambatbunyi di udara (m/s)
vs = kecepatansumberbunyi (m/s)
vp= kecepatanpendengar (m/s)
|
30
|
30
|
|
|
|
Persamaan
dari Azas Doppler dapat di lihat sebagai berikut :
Dengan :
fp=frekuensibunyi
yang diterima pendengar (Hz)
fs=frekuensi yang diterimasumberbunyi (Hz)
|
20
|
||
Persamaan
dari Azas Doppler dapat di lihat sebagai berikut :
Dengan :
fp=frekuensibunyi
yang diterima pendengar (Hz)
|
10
|
||||
Tidak memberikan jawaban
|
0
|
||||
3
|
|
Diketahui :
v = 340 m/s
vp = 10 m/s
vs = 20 m/s
fs = 1000 Hz
ditanya
: fp = . . . ?
jawab
:
fp =
fp = 990 Hz.
|
40
|
40
|
40
|
|
|
Diketahui :
v = 340 m/s
vp = 10 m/s
vs = 20 m/s
fs = 1000 Hz
ditanya
: fp = . . . ?
jawab
:
fp =
fp = 990
|
30
|
||
Diketahui :
v = 340 m/s
vp
= 10 m/s
vs = 20 m/s
fs = 1000 Hz
ditanya
: fp = . . . ?
jawab
:
fp =
|
20
|
||||
Diketahui :
v = 340 m/s
vp
= 10 m/s
vs = 20 m/s
fs = 1000 Hz
|
5
|
LAMPIRAN
LEMBAR KERJA SISWA
|
Judul : Azas
Doppler
Tujuan :
Siswa mampu berdiskusi tentang rumus Azas Doppler berdasarkan pengamaan yang
dilakukan.
Alat
dan Bahan:
Sumber suara dan Seorang pengamat
Pertanyaan :
1)
Berdasarkan Alat dan Bahan yang dignakan mengenai Azas
Doppler coba diskusikan dengan temannya tentang rumus Azas Dopplernya.
·
Bagaimana jika sumber suara mendekai
atau menjahi pengamat yang diam ?
·
Bagaimana jika pengamat mendekai atau
menjahi sumber suara yang diam ?
Hipotesis
1.
2.
3.
Rancangan
Buatlah langkah-langkah kerja dari
percobaan yang akan di lakukan :
1.
2.
3.
Kesimpulan :
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Disusun Untuk Memenuhi
Salah Satu Tugas
Mata Kuliah : Praktek
Mengajar 1 (PM 1)
Nama Pembimbing : Suhartono M.Pd, M.Si
SELVIA ANGGRAINI R
(1301130316)
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALANGKA RAYA
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
PRODI TADRIS FISIKA
TAHUN 2016
bisa minta filenya kak?
BalasHapus