Rabu, 15 Juni 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Azas Doppler



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :  SMAN/MA
Mata Pelajaran       :  Fisika
Kelas / Semester    :  XII/ III
Materi Pokok         :  Azas Doppler
Alokasi Waktu       :  1×15 Menit

A.    Kompetensi Inti
KI 1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.     Kompetensi Dasar
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.7  Menerapkan konsep Azas Doppler dalam teknologi.
4.7 Memodifikasi ide atau gagasan proyek sederhana yang menerapkan konsep Azas Doppler.
C.         Indikator Pencapaian Kompetensi
1.         Siswa mampu menunjukkan rasa syukur kepada kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui konsep Azas Doppler dalam kehidupan sehari-hari
2.         Siswa mampu menunjukkan sikap rasa ingin tahu yang tinggi dalam mengumpulkan dan menganalisisinformasi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep Azas Doppler.
3.         Siswa mampu menunjukkan sikap ketelitian dan kehati-hatian dalam mengidentifikasi informasi untuk memecahkan masalah berkaitan dengan konsep Azas Doppler
4.         Siswa mampu menunjukkan sikap jujur dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok selama pelaksanaan praktikum dan diskusi yang berkaitan dengan konsep Azas Doppler
5.         Siswa mampu berkomunikasi dengan baik antar anggota kelompok selama pelaksanaan praktikum dan diskusi yang berkaitan konsep Azas Doppler
6.         Siswa mampu memahami ayat Al quran yang berhubungan dengan konsep Azas Doppler
7.         Siswa mampu menjelaskan konsep  Azas Doppler secara umum.
8.         Siswa mampu menggunakan persamaan matematis untuk menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan konsep Azas Doppler
9.         Siswa mampu merancang alat dan bahan percobaan untuk memecahkan permasalahan penerapan konsep Azas Doppler
10.     Siswa mampu mengonstruksi rancangan percobaan pada konsep Azas Doppler
11.     Siswa mampu membuat langkah percobaan berdasarkan alat dan bahan yang sudah disediakan sesuai masalah yang telah diberikan pada LKS berkaitan dengan  konsep Azas Doppler
12.     Siswa mampu mengisi Lembar Kerja Siswa sesuai dengan penyelesaian masalah yang telah dilakukan.

D.    Materi Ajar
Azas Doppler

Azas Doppler adalah peristiwa perbedaan frekuensi bunyi yang anda dengar pengamat. Efek Doppler terjadi jika sumber bunyi bergerak relatif terhadap pengamat.  Persamaan dari Azas Doppler dapat di lihat sebagai berikut :
Dengan :
fp =frekuensi bunyi yang diterima pendengar (Hz)
fs = frekuensi yang diterima sumber bunyi (Hz)
v =cepat rambat bunyi di udara (m/s)
vs = kecepatan sumber bunyi (m/s)
vp= kecepatan pendengar (m/s)

     Azas Doppler memiliki beberapa persyaratan, diantaranya :

Ø  + vp (apabila pendengar bergerak mendekati sumber bunyi)
Ø  vp (apabila pendengar bergerak menjauhi sumber bunyi)
Ø  + vs(apabila sumber bunyi bergerak menjauhi pendengar)
Ø  vs (apabila sumber bunyi bergerak mendekati pendengar)
Untuk lebih di mengerti dapat dilihat pada gambar berikut :

Gambar pengamatan azas Doppler
Contoh Azas Doppler yaitu:
Ø  Sebagai radar untuk mengukur kecepatan sebuah kendaraan dijalan raya.

Al-qur’an surah Ar-Ruum ayat 46 yang berkaitan dengan Azas Doppler yang berbunyi:
 
Artinya:
Dan diantara tanda -tanda kekuasaanNya ialah bahwa Dia mengirimkan angin sebagai pembawa berita gembira dan untuk merasakan kepadamu sebagian dari rahmatNya dan supaya kapal dapat berlayar dengan perintahNya dan supaya kamu dapat mencari karuniaNya, mudah-mudahan kamu bersyukur.”(Ar- Ruum : 46) 
Secara umum “angin” disini sebagai angin yang bertiup membawa awan untuk menurunkan air hujan dan angin yang meniup kalpal layar agar dapat berlayar dilautan. Kita merasakan kedekatan makna “angin” dalam ayat ini adalah gelombang, bukan saja gelombang bunyi yang membawa berita tetapi juga gelombang radio atau gelombang elektromagnet yang mampu dipancarkan kesegala penjuru dunia bahkan seluruh jagad raya ini
E.     Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Langkah- langkah Model Inkuiri Terbimbing
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu





Ø Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam pembuka
Ø Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa.
Ø Guru mengecek kehadiran siswa. Jika ada salah satu siswa yang tidak hadir, guru menanyakan alasan penyebab siswa tersebut tidak bisa hadir kepada  temannya.
Ø Guru menyampaikan indicator pencapaian kompetensi pembelajaran.
Ø Siswa menjawab salam pembuka dari guru.

Ø Salah satu siswa memimpin doa.

Ø Siswa mengkonfirmasikehadirannya. Siswa memberikanketerangan sebab teman mereka tidak hadir.



Ø Siswa mendengarkan indikator pencapaian kompetensi pembelajaran
3   4 menit
            Kegiatan Inti
Langkah- langkah Model Inkuiri Terbimbing
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
Fase 1:
Penyajian
pertanyaan/permasalahan

Ø Guru menyajikan masalah berkaitan dengan materi  yang akan diajarkan, yaitu “Apakah kalian mendengar suara klakson motor atau mobil, Bagaimana suara klakson motor atau mobil itu bila jaraknya dengan kalian semakin dekat ?Serta bagaimana jika suara klakson motor atau mobil itu bila jaraknya dengan kalian semakin jauh ? 
Ø Siswa mendengarkan permasalahan yang disampaikan guru.

12 menit
Fase 2:
Membuat Hipotesis Kelompok

Ø Guru meminta siswa untuk membuat hipotesis dari permasalahan yang diajukan oleh guru tersebut.
Ø Masing-masing siswa membuat hipotesisnya.
Fase 3:
Menguji Hipotesis Dan Mengumpulkan Data Atau Informasi

Ø Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.

Ø Guru membagikan LKS kepada tiap kelompok.
Ø Guru menyediakan alat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan percobaan dalam menyelesaikan masalah pada LKS
Ø Guru membimbing siswa dalam kelompok  untuk menguji hipotesis dan mengumpulkan data atau informasi.
Ø Siswa memisahkan diri dan bergabung ke kelompoknya masing-masing.

Ø Siswa menerima LKS.
Ø Siswa mengambil alat dan bahan.



Ø Siswa dibimbing oleh guru untuk menguji hipotesis dan mengumpulkan data.

Fase 4: Menganalisis data

Ø Guru membimbing siswa untuk  berdiskusi menganalisis data percobaan.
Ø Siswa dibimbing untuk berdiskusi menganalisis data percobaan
Fase 5:
Membuat kesimpulan
Ø Guru meminta perwakilan kelompok mempersentasikan hasil diskusi pada LKS.

Ø Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan hipotesis yang ada di LKS

Ø Siswa mengirimkan perwakilannya untuk mempersentasikan hasil diskusi pada LKS.

Ø Siswa dibimbing guru untuk membuat kesimpulan.
Kegiatan Penutup
Langkah- langkah Model Inkuiri Terbimbing
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu

Ø Guru menyimpulkan materi yang berhubungan dengan percobaan yang telah dilakukan.
Ø  Guru memberikan     soal evaluasi untuk mengecek pemahaman
Ø siswa tentang Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam penutup.
Ø Siswa mendengarkan simpulan materi dari guru.


Ø Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi konseep azas Doppler


Ø Siswa menjawab salam penutup dari guru
5 menit

F.   Media, Alat/Bahan dan SumberBelajar
1.        Media                     : Papan tulis, spidol, dan LCD
2.        Alat/Bahan
No
Alat dan Bahan
Jumlah
1
Sumber suara
1      buah
2
pengamat
1         buah
3.      Sumberbelajar
a.       BukuFisika XI kelas :Supiyanto. Fisika Untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Phibeta. 2006.
b.      LembarKerjaSiswa (LKS)
G.    PenilaianHasil Belajar
Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
· Pengamatan Sikap
· Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
· Pengamatan Psikomotorik
· Lembar Pengamatan Psikomotorik dan Rubrik Penilaian
· Pengamatan Kognitif
· Tes Uraian dan Rubrik
Lampiran
-          Instrumen Penilaian Sikap (Afektif)
-          Instrumen Penilaian Perbuatan (Psikomotorik)
-          Instrumen Penilaian Pengetahuan (Kognitif)
-          LKS

 Palangka Raya,    10 Juni 2016
Dosen Pembimbing


SUHARTONO, M.Pd, M.SI
NIP. 19810303 200604 1 005
Mahasiswa Praktikan


SELVIA ANGGRAINI R
NIM. 1301130316     


LAMPIRAN
H.    Instrumen Penilaian Domain Sikap (Afektif)
Lembar Pengamatan Sikap (Penskoran)
Lembar Penilaian sikap
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
 Rasa ingin tahu (curiosity)




2
Ketelitian    dan      kehati-hatian     dalam
melakukan percobaan




3
Sikap jujur dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4
 Keterampilan  berkomunikasi  pada  saat
Belajar




Rubrik Penilaian Sikap
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukkan
rasa ingin tahu
3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar,antusias,aktifdalamkegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu,namun tidakterlalu antusias, dan baru terlibataktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1:  tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat.
2.
Ketelitian dan hati-hati
3. mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,hati-hatidalam melakukan percobaan.
2. mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,kuranghati - hati dalam melakukan percobaan.
1. mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,tidak hati- hati dalam melakukan percobaan
3
Sikap jujur dalambelajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok

3. jujur dalam pengambilan data percobaan, tidak membuat kerusuhan dengan kelompok lain dan tepat waktu dalam menyelesaikan tugas.
2.  jujur dalam pengambilan data percobaan, tidak membuat kerusuhan dengan kelompok lain akan tetapi tidak tepat waktu dalam menyelesaikan tugas
1. jujur dalam pengambilan data  percobaan, akan tetapi mengganggu kelompok lain dan tidak tepat waktu dalam menyelesaikan tugas.
4
Berkomunikasi
3. aktif dalamtanya jawab,dapat mengemukaan gagasan atau ide,menghargai pendapat siswa lain
2. aktif dalam tanya jawab,tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide,menghargai pendapat siswa lain
1. aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain

I.       Instrumen Penilaian Keterampilan (Psikomotorik)
Lembar Penilaian keterampilan (Penskoran)
1.              Lembar Penilaian Keterampilan
Aspek yang diamati
Terlaksana
Penilaian
Skor total
Ya
Tidak
3
2
1

Merancang alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan asas Bernoulli.






Mengonstruksi rancangan percobaan pada permasalahan prinsip fluida dinamik pada asas bernouli.






Membuat langkah percobaan berdasarkan alat dan bahan yang sudah disediakan sesuai masalah yang telah diberikan pada LKS berkaitan dengan asas Bernoulli.






Mengisi Lembar Kerja Siswa sesuai dengan penyelesaian masalah yang telah dilakukan.






 Rubrik Penilaian Keterampilan
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Merancang alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan asas Bernoulli
3: Merancang alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah dengan benar, rapi dan tidak banyak membuang waktu.
2:Merancang alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah dengan benar, rapi akan tetapi banyak membuang waktu.
1: Merancang alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah dengan benar, kurang rapi dan banyak membuang waktu.
2
Mengonstruksi rancangan percobaan pada permasalahan prinsip fluida dinamik pada asas bernouli.
3: Mengonstruksi alat dan bahan sesuai prosedur percobaan, cepat dan rapi dalam merancang percobaan.
2: Mengonstruksi alat dan bahan sesuai prosedur percobaan, cepat akan tetapi kurang rapi dalam merancang percobaan.
1:Mengonstruksi alat dan bahan sesuai prosedur percobaan, lambat dan kurang rapi dalam merancang percobaan.
3
Membuat langkah percobaan berdasarkan alat dan bahan yang sudah disediakan sesuai denganmasalah yang telah diberikan pada LKS berkaitan dengan asas Bernoulli.
3:Membuat langkah percobaan sesuai pada Lembar Kerja Siswa secara teratur, rapi, dan tepat waktu.
2:Membuat langkah percobaan sesuai pada Lembar Kerja Siswa secara teratur, tepat waktu tetapi kurang rapi.
1:Membuat langkah percobaan sesuai pada Lembar Kerja Siswa secara teratur, kurang rapi, dan tidak tepat waktu.
4
Mengisi Lembar Kerja Siswasesuai dengan penyelesaian masalah yang telah dilakukan.
3:  Mengisi Lembar Kerja Siswa saat melakukan pengamatan sesuai dengan rancangan yang didapatkan untuk memecahkan permasalahan dengan tepat, dan bahasa yang mudah dipahami.
2:Mengisi Lembar Kerja Siswa saat melakukan pengamatan sesuai dengan rancangan yang didapatkan untuk memecahkan permasalahan dengan tepat tetapi bahasa yang digunakan sulit dipahami.
1: Mengisi Lembar Kerja Siswa saat melakukan pengamatan sesuai dengan rancangan yang didapatkan untuk memecahkan permasalahan tetapi kurang tepat dan bahasa yang digunakan sulit dipahami.
J.      Instrumen Penilaian Pengetahuan (Kognitif)
        Soal Uraian
1.      Apa yang dimaksud dengan Azas Doppler?
2.      Sebutkan besaran yang dapat mempengaruhi dalam Azas Doppler dengan benar!
3.      Sebuah sumber bunyi dengan frekuensi 1024 Hz bergerak mendekati pendengar dengan kecepatan 34 m/s. kecepatan rambat bunyi di udara 340 m/s. jika pendengar menjauhi sumber bunyi denag kecepatan 17 m/s, maka berapa frekuensi bunyi yang diterima pendengar ?
4.      Sebutkan 1 contoh aplikasi Azas Doppler dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat!

Jawab :
1.      Azas Doppler adalah peristiwa berubahnya harga frekuensi bunyi yang diterima oleh pendengar dari frekuensi suatu sumber bunyi apabila terjadi gerakan relative antar pendengar dan sumber bunyi.
2.      Persamaan dari Azas Doppler dapat di lihat sebagai berikut :
Dengan :
fp =frekuensibunyi yang diterimapendengar (Hz)
fs = frekuensi yang diterimasumberbunyi (Hz)
v =cepatrambatbunyi di udara (m/s)
vs = kecepatansumberbunyi (m/s)
vp= kecepatanpendengar (m/s)
3.      Diketahui : v = 340 m/s
                     vp = 10 m/s
                     vs = 20 m/s
                     fs = 1000 Hz
ditanya : fp = . . . ?
jawab :
fp =
fp = 990 Hz.
Rubrik Penilaian :
Butir Soal
Kriteria Jawaban
Rincian Kriteria Jawaban
Skor
Skor Tertinggi Dari Kriteria
Skor Total Tiapsoal

1
Menjawab soal
Menuliskan jawaban dengan baik dan tepat. Dengan menuliskan: Azas Doppler adalah peristiwa berubahnya harga frekuensi bunyi yang diterima oleh pendengar dari frekuensi suatu sumber bunyi apabila terjadi gerakan relative antar pendengar dan sumber bunyi.
25
25
25
Azas Doppler adalah peristiwa berubahnya harga frekuensi bunyi yang diterima oleh pendengar dari frekuensi suatu sumber bunyi apabila terjadi gerakan relative
20
Azas Doppler adalah peristiwa berubahnya harga frekuensi bunyi yang diterima oleh pendengar dari frekuensi suatu sumber bunyi
10
Tidak memberikan jawaban
0
2
Menuliskan diketahui darisoal
Persamaan dari Azas Doppler dapat di lihat sebagai berikut :
Dengan :
fp=frekuensibunyi yang diterima pendengar (Hz)
fs=frekuensi yang diterimasumberbunyi (Hz)
v =cepatrambatbunyi di udara (m/s)
vs = kecepatansumberbunyi (m/s)
vp= kecepatanpendengar (m/s)
30
30



Persamaan dari Azas Doppler dapat di lihat sebagai berikut :
Dengan :
fp=frekuensibunyi yang diterima pendengar (Hz)
fs=frekuensi yang diterimasumberbunyi (Hz)

20
Persamaan dari Azas Doppler dapat di lihat sebagai berikut :
Dengan :
fp=frekuensibunyi yang diterima pendengar (Hz)
10

Tidak memberikan jawaban
0
3

Diketahui :
v = 340 m/s
vp = 10 m/s
vs = 20 m/s
fs = 1000 Hz
ditanya : fp = . . . ?
jawab :
fp =
fp = 990 Hz.
40
40
40


Diketahui :
v = 340 m/s
vp = 10 m/s
vs = 20 m/s
fs = 1000 Hz
ditanya : fp = . . . ?
jawab :
fp =
fp = 990
30
Diketahui :
v = 340 m/s
vp = 10 m/s              
vs = 20 m/s
fs = 1000 Hz
ditanya : fp = . . . ?
jawab :
fp =
20
Diketahui :
v = 340 m/s
vp = 10 m/s              
vs = 20 m/s
fs = 1000 Hz
5




LAMPIRAN

LEMBAR KERJA SISWA

Judul     : Azas Doppler
Tujuan : Siswa mampu berdiskusi tentang rumus Azas Doppler berdasarkan pengamaan yang dilakukan.
Alat dan Bahan:  Sumber suara dan Seorang pengamat
Pertanyaan :
1)      Berdasarkan  Alat dan Bahan yang dignakan mengenai Azas Doppler coba diskusikan dengan temannya tentang rumus Azas Dopplernya. 
·         Bagaimana jika sumber suara mendekai atau menjahi pengamat yang diam  ?
·         Bagaimana jika pengamat mendekai atau menjahi sumber suara yang diam ?
Hipotesis
1.
2.
3.
Rancangan
Buatlah langkah-langkah kerja dari percobaan yang akan di lakukan :
1.
2.
3.


Kesimpulan :
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Disusun Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah    : Praktek Mengajar 1 (PM 1)
Nama Pembimbing : Suhartono M.Pd, M.Si


                                            


SELVIA ANGGRAINI R
(1301130316)



INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALANGKA RAYA
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
PRODI TADRIS FISIKA
TAHUN 2016

1 komentar: